Selasa, 15 Mei 2012

Thematic Apperception Test (TAT)

Thematic Apperception Test (TAT), salah satu mata kuliah pilihan yang saya ambil di semester...umm...semester akhir kuliah saya :D  di kampus saya yang tercinta ini, Universitas Islam Indonesia, untuk jurusan yang saya ambil, psikologi, TAT adalah salah satu mata kuliah pilihan untuk sarjana strata satu psikologi konsentrasi klinis. 
Sejarah Singkat
Thematic Apperception Test (TAT) dikembangkan oleh Henry Murray dan Christina Morgan melalui artikel mereka pada tahun 1935, dan pertama kali TAT diterbitkan pada tahun 1936 oleh Harvard Psichological Clinic. Kemudian dilengkapi dan dikembangkan secara lebih intensif pada tahun 1938 dan 1943.
Henry Murray

Christina Morgan
TAT merupakan tes proyeksi yang mengungkap dinamika kepribadian individu. Jika kalian ingin dilihat kepribadiannya melalui TAT, akan disajikan beberapa kartu (minimal 10 kartu) dimana masing-masing kartu mempunyai gambar yang berbeda. Nah, tugas kalian adalah menceritakan kejadian spontan yang ada di dalam pikiran ketika melihat kartu tersebut. Cerita yang disampaikan tidak mempunyai batasan, kalian boleh bercerita bebas sebebas-bebasnya. Di dalam setiap kartu akan ada tokoh-tokoh yang bebas untuk kalian beri nama, perkirakan usianya, dan ciri-ciri fisik lainnya. Kalian bebas berimajinasi dan membuat skenario cerita sendiri untuk setiap kartu. Mungkin akan ada beberapa pertanyaan dari tester ketika kalian bercerita. biasanya tester akan bertanya kalo cerita yang kalian sampaikan belum lengkap. Sebuah cerita dianggap lengkap apabila kalian sudah menceritaka apa yang terjadi sekarang, kejadian apa yang terjadi sebelumnya, dan bagaimana akhir cerita pada gambar di kartu tersebut. Kadang tester juga akan menanyakan darimana sumber cerita yang kalian buat (apakah pengalaman pribadi atau hanya imajinasi saja).
beberapa contoh kartu TAT :


kartu-kartu TAT yang sekarang sering dipakai oleh psikolog di Indonesia memang merupakan adaptasi dari tempat terciptanya TAT, makanya gambar dalam kartu TAT ini adalah wajah-wajah orang luar :D ada beberapa kartu yang mungkin dianggap sebagai pornografi di Indonesia karena ada kartu dengan karakter orang yang tidak menggunakan busana.
setiap kartu TAT akan mengungkap hal yang berbeda-beda dari karakteristik kepribadian. meskipun ada beberapa karakter kepribadian yang bisa diungkap dari lebih dari satu kartu.
tapi, kepribadian yang diungkap dalam kartu TAT ini tidak dapat berdiri sendiri. jika kalian ingin melihat kepribadiannya melalui kartu TAT ini, kalian juga harus bersedia untuk di observasi, wawancara dan melakukan beberapa tes grafis seperti BAUM,  Draw a Person (DAP) dan House Tree Person (HTP). Selain kepribadian, TAT juga dilakukan untuk melihat patologis individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar